Tips Mengembalikan Warna Kaos Yang Pudar

Tips Mengembalikan Warna Kaos

Tips Mengembalikan Warna Kaos Yang Pudar – KOZE INDONESIA – Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengembalikan warna kaos yang pudar agar kembali terlihat cantik dan terang seperti baru lagi.

Pakaian warna-warni tentu akan lebih bagus ketika warnanya lebih cerah, tetapi begitu warnanya ternoda, pakaiannya akan terlihat kusam dan tidak sedap dipandang.

Tips Mengembalikan Warna Kaos Yang Luntur

Bahan kaos polos adalah salah satu bahan yang paling mudah untuk dihilangkan, terutama jika kamu tidak memperhatikan proses perawatan, dari mencuci hingga penyimpanan.

Brand Kaos Lokal Yang Mendunia

Faktor Penyebab Warna Kaos Kusam dan Pudar

Faktor Penyebab Warna Kaos Kusam dan Pudar (1)

Penyebab warna kaos tampak kusam dan warna pudar mungkin disebabkan oleh berbagai faktor, tetapi yang paling penting dikarenakan:

  • Kesalahan teknik mencuci pada bahan tertentu, yang apabila ini terjadi akan dapat mengurangi daya tahan baju serta menyebabkan warna baju menjadi mudah pudar,
  • Kesalahan pada saat mengeringkan pakaian, entah menggunakan mesin pengering (dryer) ataupun menjemur secara manual di udara terbuka, yang apabila tidak diperhatikan akan dapat membuat warna baju menjadi luntur.
  • Mencampur-aduk baju yang akan dicuci tanpa memisahkan antara pakaian putih dan berwarna, dan tidak memisahkannya berdasarkan warna pakaian,

Faktor-faktor ini dapat menjadi salah satu atau seluruh penyebab perubahan warna. Membuat pakaian menjadi kusam pada akhirnya jika kamu tidak memahaminya.

Tentu saja, warna kusam atau pudar tidak akan menyenangkan untuk dilihat. Juga dapat mengurangi rasa percaya diri kamu saat akan memakainya. Yang berarti bahwa kaos tidak akan digunakan kembali dan kamu akan menghabiskan uang ekstra untuk membeli kaos baru.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mempertahankan warna kaos. Akan sangat sulit jika kamu tidak tahu trik yang dapat diikuti.

Cara Menjaga Warna Kaos Agar Tetap Cerah

Cara Menjaga Warna Kaos Agar Tetap Cerah

Untuk mencegah warna kaos memudar, kamu tentu harus tahu beberapa trik untuk merawatnya. Sehingga warna kaos tetap cerah dan tidak mudah rusak. Beberapa tips yang bisa kamu coba antara lain sebagai berikut:

Ikuti Instruksi Pada Label Kaos

Hal yang paling penting untuk mencegah warna pakaian memudar adalah mengikuti instruksi mencuci yang biasanya ditemukan pada label di kerah kaos.

Jangan Campurkan Kaos Yang Berbeda Warna

Trik kedua adalah tidak mencampur kaos dengan warna berbeda saat kamu pergi mencuci. Terutama untuk mencampur kaos dengan pakaian putih yang akan meningkatkan risiko memakai.

Gunakan Deterjen Khusus Kaos Berwarna

Kamu juga dapat mencoba menggunakan deterjen yang dirancang khusus untuk mempertahankan warna kaos yang sudah mengandung formula khusus untuk mengikat warna agar tidak mudah pudar.

Cuci Kaos Dengan Air Dingin

Tips berikutnya adalah jangan pernah mencuci kaos dengan air selain air dingin. Yang terbukti dan direkomendasikan untuk menjaga warna kaos dan tidak mudah rusak.

Kaos Dibalik Saat Mencuci

Untuk hasil pencucian terbaik, kamu dapat membalik kaos (dalam ke luar) saat mencuci untuk menghindari gesekan antara sablon atau aksesori lengket di permukaan luar kaos.

Baking Soda Saat Mencuci Kaos

Telah terbukti bahwa menggunakan setengah cangkir baking soda selama mencuci memiliki hubungan yang lebih baik antara warna pakaian daripada hanya menggunakan air dan deterjen. Ini adalah alasan mengapa banyak deterjen juga memiliki kandungan soda kue karena sangat baik digunakan.

Jangan Dijemur Saat Terik Matahari

Langkah selanjutnya, untuk menghalang warna kaos kamu pudar adalah untuk tidak menjemurnya di bawah sinar matahari yang panas. Kerana sinaran ultraviolet yang dihasilkan akan hilang dengan mudah.

Kaos Jangan Terlalu Lama Dikeringkan

Apabila mengeringkan kaos, coba jangan biarkan terlalu lama. Terutamanya jika kamu menggunakan pengering. Karena kaos yang tersisa dalam mesin untuk masa yang lama akan menjadi lebih mudah untuk pudar.

Gunakan Pelembut Saat Mencuci

Untuk meminimalkan resistensi gesekan antara kain saat mencuci, coba gunakan pelembut kain yang akan melapisi kaos untuk mengurangi gesekan kasar di antara kain.

Jangan Gunakan Pemutih

Step terakhir yang perlu diperhatikan adalah jangan menggunakan pemutih atau setidaknya kurangi penggunaannya. Memang, pemutih akan melemahkan serat kain dalam jangka panjang. Yang akan menyebabkan warna pakaian memburuk dengan cepat dan memudar.

Dengan mencoba beberapa tips di atas, kamu dapat mencegah warna kaos luntur, mudah memudar, dan terlihat kusam, sehingga akan terus digunakan untuk waktu yang lama.

Kalau Kaos Yang Pudar, Cara Balikinnya Gimana?

Kalau Kaos Yang Pudar, Cara Balikinnya Gimana

Lalu bagaimana dengan warna pakaian yang sudah pudar? Apakah mungkin untuk mengembalikan warna kaos atau tidak?

Meskipun sulit, kamu dapat terlebih dahulu mencoba beberapa hal sehingga warna kaos menjadi seterang sebelumnya dan warnanya cerah dan tidak kusam.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam mengembalikan warna kaos yang pudar kembali seperti semula antara lain adalah sebagai berikut:

Manfaatkan Zat Yodium

Yodium adalah senyawa kimia yang ditemukan dalam banyak garam yang efektif dalam mengembalikan kecerahan warna kain. Campurkan garam beryodium di dalam kaos yang akan kamu cuci. Pastikan garam tersebut tersebar merata di semua pakaian yang akan kamu cuci. Yodium kemudian akan membantu untuk mengikat warna.

Manfaatkan Khasiat Lemon

Cara memulihkan warna kaos pudar adalah dengan menggunakan nutrien yang diperoleh dari lemon. Lemon adalah vitamin C kaya dengan buah-buahan dan mempunyai fungsi yang serupa dengan lemon. Gosok lemon semasa mencuci supaya warna mendapat semula kilauan asalnya.

Kini Micin Bermanfaat

Warna kusam pada kaos mungkin juga karena noda yang menempel pada bahan. Jadi kamu harus menghapusnya. Cara yang efektif untuk menghilangkan noda membandel adalah dengan menggunakan micin saat mencuci kaos yang dicampur dengan deterjen khusus untuk kain berwarna.

Khasiat Lada Hitam

Lada hitam juga memiliki efek mempertahankan dan mengembalikan warna kaos ke warna cerah seperti sebelumnya yang bisa kamu coba. Kamu sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak dan hanya menggunakan beberapa sendok teh saat mencuci.

Untuk menjaga warna kaos jauh dari kusam dan pudar, harus diperhatikan dengan seksama. baik itu jenis diskusi, cara mencuci dan cara mengeringkan dengan aman agar warnanya selalu cerah.

Kami harapkan setelah membaca panduan mengenai tips mengembalikan warna kaos yang pudar ini. Kamu dapat mencoba menerapkannya sendiri pada kaos kesayangan. Sehingga dapat mengembalikan kecerahan warna kaos kamu tersebut seperti sedia kala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *