MAU BRANDING USAHA KAMU OPTIMAL DENGAN BUDGET MINIMAL? INI DIA TIPSNYA

Tips Branding Usaha

KOZE INDONESIA – Sudah menjadi rahasia publik jika branding adalah salah satu kunci kesuksesan suatu bisnis.  Brand atau merek adalah kumpulan pengalaman yang dimiliki customer dan calon customer perusahaan kalian. Brand yang kuat dapat mencerminkan citra perusahaan serta membangun trust & credibility. Pastinya kalian sudah overthinking berapa banyak budget yang harus dikeluarkan untuk branding dan pasti sangat mahal kan? Eits, jangan resah dulu karena berikut tips-tips mengembangkan brand dengan budget minimal:

Unik

 Ada yang tahu produk “Apple”? atau bahkan ada juga yang menggunakan produk “Apple”? Nah, Apple memperkenalkan kita sebuah cara branding dengan kampanye inovatif sehingga membuat orang berpikir berbeda. Image Apple saat ini dianggap sebagai produk yang mewah, lebih baik, elegan dan lebih handal dibandingkan produk-produk kompetitornya. Lalu apa keunikan dari bisnis kalian? Apa pula yang membedakan bisnis kalian dengan bisnis kompetitor lainnya

Kembangkan Komunitas

Gak sulit untuk membangun komunitas saat ini, apalagi banyak brand-brand terkenal didunia seperti Google, Amazon, Facebook, Instagram bahkan Skype yang hanya mengeluarkan costing sedikit untuk periklanan. Karena memang itulah fokus mereka yaitu untuk membangun komunitas. Setiap bisnis memiliki peluang untuk membangun komunitas baik itu secara offline maupun online. Nah, kalian dapat membangun komunitas bisnis kalian sendiri melalui Twitter, Blog, Facebook, Instagram dan masih banyak lagi. Agar kalian dapat fokus pada komunitas kalian, usahakan jangan berpindah-pindah tempat.

Miliki Nama dan Logo Terbaik

Kalian pun sadar bahwa sangatlah mudah dalam mengenali brand yang kuat karena nama brand akan ditempel dimana-mana, seperti di kop surat, website, jejaring sosial dan pernak-pernik lainnya yang akan mengidentifikasikan bisnis kalian. Eits, jangan cuma mikir logo buat brand aja. Kalian juga harus ingat bahwa logo mencerminkan citra perusahaan juga. Sebagai contoh, kalian dapat lihat beberapa brand ternama lalu bagaimana perasaan kalian ketika kalian melihat brand mereka?

Konsisten

Kenapa harus konsisten? Jelas, karena ini berpengaruh pada keakraban dan kepercayaan customer. Misalnya, perusahaan mungkin menggunakan pendekatan yang serius di website tetapi lebih ringan dalam jejaring sosial. Inipun berpengaruh lho terhadap pelanggan, karena bisa membingungkan mereka.

Bernilai

Yang dimaksud bernilai itu gak selalu diartikan dengan harga yang murah. Kalian bisa fokus untuk menjadikan produk terbaik layaknya seperti Apple, punya operasional hebat seperti IKEA, visinya sama seperti Bukalapak ataupun mengutamakan layanan customer yang berkualitas. Jadi kalian bisa pilih fokus pada beberapa kombinasi yang tentunya cocok dengan bisnis kalian.

So, branding merupakan fondasi utama dalam membangun bisnis kalian. Coba sekali-kali kalian mempertanyakan pada diri dan bisnis kalian: Apa sih yang beda dari bisnis kalian dibandingkan dengan lawan bisnis kalian? Apa yang mau kalian tonjolkan dalam bisnis tersebut? Lalu, visi kalian apa? Kalau sudah tahu jawabannya, lakukan segera strategi branding bisnis kalian, low budget kok!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *